2.1
Pohon Permainan
Pohon permainan merepresentasikan kepada penulis kondisi-kondisi yang mungkin penulis hadapi pada permainan dimulai
dari kondisi yang sedang penulis hadapi sekarang hingga beberapa kondisi ke
depan. Sebuah pohon permainan merupakan representasi grafis dari contoh
permainan. Pohon permainan menyediakan informasi akan pemain, hasil, strategi,
dan pilihan langkah. Pohon permainan dapat direpresentasikan dengan baik pada
permainan yang berbasis giliran (turn-based game). Pohon permainan
memiliki root yang merupakan representasi dari kondisi dimana langkah
belum diambil, nodes pada pohon yang merepresentasikan keadaan-keadaan
yang mungkin diambil pada permainan, dan arcs yang merepresentasikan
langkah.
Penggunaan pohon permainan pada
permainan yang dimainkan oleh dua pemain direpresentasikan dengan cara
bergantian. Untuk edges dari tingkat pertama ke tingkat kedua
merepresentasikan langkah-langkah yang dapat diambil oleh pemain pertama,
sedangkan untuk edges dari tingkat kedua ke tingkat ketiga merepresentasikan langkah-langkah yang
dapat diambil oleh pemain kedua, dan begitu seterusnya. Leaf nodes pada
pohon permainan merepresentasikan keadaan akhir pada permainan, dimana
permainan tersebut dimenangkan, dikalahkan ataupun seri. Pada permainan yang
sederhana, untuk mencapai leaf nodes mungkin dapat direpresentasikan,
tetapi untuk permainan yang rumit seperti Checker, pencapaian leaf nodes sangat
tidak dimungkinkan karena percabangan pada pohon permainan yang sangat besar.
Gambar. Contoh pohon permainan game tic-tac-toe
(Ben Coppin, 2004)
Berikut adalah penjelasan pohon permainan game tic-tac-toe pada Gambar:
1.
Terdapat root yang merupakan keadaan awal dimana permainan belum dimulai dan
langkah belum diambil.
2. Edges yang
menghubungkan tingkat pertama (root) dengan tingkat kedua merupakan
langkah pemain pertama dan begitu seterusnya. Sehingga pohon permainan tersebut merepresentasikan langkah
kedua pemain secara bergantian.
3. Untuk nodes pada pohon tersebut
merepresentasikan keadaan-keadaan yang dapat diambil oleh pemain yang akan
melangkah.
4. Percabangan pertama yang dihasilkan adalah 9,
kemudian untuk percabangan berikutnya adalah 8, tingkat percabangan berikutnya adalah 7,
dan begitu
seterusnya hingga mencapai keadaan akhir (leaf nodes).
0 komentar:
Posting Komentar