Selasa, 02 April 2013

Game Tic-Tac-Toe

Sudah pernah dengar dengan nama game satu ini??? game ini merupakan game yang sering dimain kan dan termasuk game yang populer pada masanya, berikut penjelasn lebih mendalam :
Game tic-tac-toe merupakan permainan klasik berjenis permainan papan (board-game) dengan papan permainan berukuran 3x3. Board-game adalah permainan dengan kepingan-kepingan yang ditempatkan di atas, dipindahkan dari atau digerakkan di atas suatu permukaan khusus, permukaan khusus itu disebut papan permainan (Sigiro, 2011). Dalam game tic-tac-toe terdapat sembilan buah ruang (3x3) berbentuk kotak yang bersekat (bidak). Game ini menggunakan dua simbol pemain yaitu X atau O. Game ini dimulai dengan mengisi salah satu bentuk simbol pada salah satu bidak, hingga tiga buah simbol yang berbentuk sama tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal. Game ini biasanya dimainkan oleh dua orang pemain, tapi pada versi game berbasis komputer, pemain lawan dapat digantikan oleh komputer (Akbar, 2007).
Dalam game ini hasil permainan yang didapat berupa menang, kalah, atau seri. Hasil permainan dinyatakan menang jika simbol dari salah satu pemain (player atau komputer) telah tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal, sedangkan pemain yang lain dianggap kalah. Hasil permainan dinyatakan seri jika simbol dari kedua permain tidak ada yang tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal, serta semua bidak papan permainan telah terisi. Dengan adanya kecerdasan buatan yang mampu meminimalisir kemungkinan untuk pemain (manusia) menang, game ini akan menjadi sangat sulit untuk dimenangkan oleh pemain (manusia). Bahkan kemungkinan terbaik untuk pemain hanyalah seri. Dengan kata lain, dengan menggunakan algoritma, komputer tidak akan kalah (Gustania, 2011).
2.3.1        Aturan Game Tic-Tac-Toe
Game tic-tac-toe ini memiliki aturan main (rule) yang digunakan selama berlangsungnya permainan, diantaranya sebagai berikut:
1.        Besar papan permainan berukuran 3x3 atau lebih dengan deret kemenangan 3 atau lebih, disesuaikan dengan papan permainan.
2.        Pemain dalam permainan ini dibatasi untuk satu lawan satu, dilakukan bergiliran antara pemain pertama (manusia) dan pemain kedua (komputer).
3.        Pemain manusia (player) akan dihalangi oleh komputer untuk mencapai tujuan (goal) karena komputer telah diberi kecerdasan buatan sehingga komputer juga berusaha untuk menjadi pemenang.
4.        Untuk memberikan langkah, setiap pemain harus mengisi bidak dengan simbol pemain masing-masing, biasanya X atau O.
5.        Setiap pemain hanya mempunyai satu kali kesempatan pada setiap giliran.
6.        Bidak yang sudah terisi tidak bisa ditimpa oleh langkah berikutnya.
7.        Langkah yang sudah diambil tidak dapat dibatalkan atau diganti dengan langkah yang lain.
8.        Tujuan dari game ini adalah untuk mendapatkan deret dengan tiga simbol atau lebih yang sama secara horizontal, vertikal atau  diagonal.
9.        Pemenang ditentukan oleh pemain yang pertama kali menyusun deret tersebut.
Untuk lebih jelas, berikut contoh game tic-tac-toe :
  Contoh simulasi game tic-tac-toe, misalnya pemain manusia menggunakan simbol X dan komputer menggunakan simbol O.
Gambar  Contoh Simulasi Game Tic-Tac-Toe dengan Kondisi Menang

1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html