hem....sudah ada yang tahu tentang algoritma??? apa itu algoritma ?? berikut ini jawabannya
Algoritma
Pencarian
Pencarian adalah suatu proses mencari solusi
dari suatu permasalahan melalui sekumpulan kemungkinan ruang keadaan (state
space). Ruang keadaan merupakan suatu ruang yang berisi semua keadaan yang
mungkin dari
keadaan awal (initial state) menuju keadaan tujuan (goal state) (Sigiro, 2011).
Ruang keadaan ini dapat digambarkan dengan menggunakan algoritma
pencarian. Pada umumnya, algoritma pencarian bekerja dengan mengembangkan
berbagai kemungkinan keadaan (state) yang mungkin dicapai dari keadaan sekarang (current
state). Keadaan dalam
proses pencarian biasa disebut dengan istilah simpul (node). Kumpulan simpul akan terus
dikembangkan sampai ditemukan simpul yang merupakan keadaan tujuan atau bila sudah tidak ada lagi simpul yang
dikembangkan. Rangkaian kumpulan simpul dari keadaan awal sampai keadaan
tujuan yang terbaiklah yang akhirnya
diambil menjadi solusi.
Algoritma
pencarian dikatakan penting untuk perencanaan dalam sebuah permainan, karena algoritma pencarian
akan menuntun pemain dalam menyelesaikan permainan. Menurut
Kusumadewi (2003), teknik pencarian terbagi dua yaitu pencarian buta (blind
search) dan
pencarian heuristik (heuristic search).
1.
Pencarian
Buta (Blind
Search).
Pencarian buta
adalah pencarian solusi tanpa adanya informasi yang mengarahkan pencarian untuk
mencapai keadaan tujuan dari keadaan sekarang. Informasi
yang ada hanyalah definisi keadaan tujuan
itu sendiri, sehingga algoritma hanya dapat mengenali keadaan tujuan bila
menjumpainya. Dengan
ketiadaan informasi, maka pencarian buta dalam kerjanya
memeriksa serta mengembangkan
simpul dilakukan
secara tidak terarah. Teknik pencarian ini
kurang efisien untuk kebanyakan kasus karena banyaknya simpul yang dikembangkan. Beberapa algoritma yang
termasuk pencarian buta antara
lain adalah Pencarian Melebar Pertama (Breadth First Search) dan Pencarian Mendalam
Pertama (Depth First Search).
2.
Pencarian Heuristik (Heuristic
Search)
Kata heuristik berasal dari sebuah kata kerja
Yunani heuriskein,
yang berarti mencari
atau menemukan. Heuristik juga merupakan
suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang masalah secara selektif, yang
memandu proses pencarian yang disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan
sukses paling besar (Kusrini, 2006). Selain itu dalam dunia
pemrograman, kata heuristik ini
diartikan sebagai suatu proses yang mungkin dapat menyelesaikan suatu masalah
tetapi tidak ada jaminan bahwa solusi yang dicari selalu tepat (Suyanto, 2011).
Di dalam mempelajari algoritma pencarian ini, kata heuristik diartikan
sebagai suatu fungsi yang memberikan suatu nilai berupa biaya perkiraan (estimated cost) dari suatu
solusi yang membantu algoritma. Berbeda
dengan pencarian buta, pencarian heuristik mempunyai
informasi tentang biaya (cost)
untuk mencapai keadaan tujuan dari
keadaan sekarang.
Dengan informasi tersebut, pencarian heuristik dapat
melakukan pertimbangan untuk mengembangkan atau memeriksa simpul yang mengarah ke keadaan tujuan.
Setiap heuristik memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing
sehingga pemilihan heuristik juga sangat penting dalam penyelesaian suatu
masalah. Semakin bagus heuristik yang dipakai, semakin
cepat dan akurat pula solusi yang didapat. Beberapa algoritma pencarian yang yang
termasuk pencarian
heuristik adalah Pembangkitan dan Pengujian (Generate
and Test), Pencarian
Terbaik Pertama (Best
First Search), Algoritma Greedy
Search, Algoritma A* (A Star), dan Pendakian Bukit (Hill
Climbing Search), Algoritma Minimax, dan sebagainya.
Daftar pustaka :
Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial
Intelligence Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyanto. 2011. Artificial
Intelligence. Bandung: Informatika.
0 komentar:
Posting Komentar