Selasa, 02 April 2013

Algoritma Pencarian

hem....sudah ada yang tahu tentang algoritma??? apa itu algoritma ?? berikut ini jawabannya

 Algoritma Pencarian
 Pencarian adalah suatu proses mencari solusi dari suatu permasalahan melalui sekumpulan kemungkinan ruang keadaan (state space). Ruang keadaan merupakan suatu ruang yang berisi semua keadaan yang mungkin dari keadaan awal (initial state) menuju keadaan tujuan (goal state) (Sigiro, 2011). Ruang keadaan ini dapat digambarkan dengan menggunakan algoritma pencarian. Pada umumnya, algoritma pencarian bekerja dengan mengembangkan berbagai kemungkinan keadaan (state) yang mungkin dicapai dari keadaan sekarang (current state). Keadaan dalam proses pencarian biasa disebut dengan istilah simpul (node). Kumpulan simpul akan terus dikembangkan sampai ditemukan simpul yang merupakan keadaan tujuan atau bila sudah tidak ada lagi simpul yang dikembangkan. Rangkaian kumpulan simpul dari keadaan awal sampai keadaan  tujuan yang terbaiklah yang akhirnya diambil menjadi solusi.
Algoritma pencarian dikatakan penting untuk perencanaan dalam sebuah permainan, karena algoritma pencarian akan menuntun pemain dalam menyelesaikan permainan. Menurut Kusumadewi (2003), teknik pencarian terbagi dua yaitu pencarian buta (blind search) dan pencarian heuristik (heuristic search).
1.        Pencarian Buta (Blind Search).
Pencarian buta adalah pencarian solusi tanpa adanya informasi yang mengarahkan pencarian untuk mencapai keadaan tujuan dari keadaan sekarang. Informasi yang ada hanyalah definisi keadaan tujuan itu sendiri, sehingga algoritma hanya dapat mengenali keadaan tujuan bila menjumpainya. Dengan ketiadaan informasi, maka pencarian buta  dalam kerjanya memeriksa serta mengembangkan simpul dilakukan secara tidak terarah. Teknik pencarian ini kurang efisien untuk kebanyakan kasus karena banyaknya simpul yang dikembangkan. Beberapa algoritma yang termasuk pencarian buta antara lain adalah Pencarian Melebar Pertama (Breadth First Search) dan Pencarian Mendalam Pertama (Depth First Search).
2.        Pencarian Heuristik (Heuristic Search)
Kata heuristik berasal dari sebuah kata kerja Yunani heuriskein, yang berarti mencari atau menemukan. Heuristik juga merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang masalah secara selektif, yang memandu proses pencarian yang disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar (Kusrini, 2006). Selain itu dalam dunia pemrograman, kata heuristik ini diartikan sebagai suatu proses yang mungkin dapat menyelesaikan suatu masalah tetapi tidak ada jaminan bahwa solusi yang dicari selalu tepat (Suyanto, 2011).
Di dalam mempelajari algoritma pencarian ini, kata heuristik diartikan sebagai suatu fungsi yang memberikan suatu nilai berupa biaya perkiraan (estimated cost) dari suatu solusi yang membantu algoritma. Berbeda dengan pencarian buta, pencarian heuristik mempunyai informasi tentang biaya (cost) untuk mencapai keadaan tujuan dari keadaan sekarang. Dengan informasi tersebut, pencarian heuristik dapat melakukan pertimbangan untuk mengembangkan atau memeriksa simpul yang mengarah ke keadaan tujuan.
Setiap heuristik memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga pemilihan heuristik juga sangat penting dalam penyelesaian suatu masalah. Semakin bagus heuristik yang dipakai, semakin cepat dan akurat pula solusi yang didapat. Beberapa algoritma pencarian yang yang termasuk pencarian heuristik adalah Pembangkitan dan Pengujian (Generate and Test), Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search), Algoritma Greedy Search, Algoritma A* (A Star), dan Pendakian Bukit (Hill Climbing Search), Algoritma Minimax, dan sebagainya.
Daftar pustaka :
Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.  
Suyanto. 2011. Artificial Intelligence. Bandung: Informatika.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html