Minggu, 26 November 2017

Ayo membaca...


Buku adalah jendela ilmu, membaca merupakan cara untuk memperoleh ilmu tersebut. Namun pada kenyataannya saat ini kegiatan membaca banyak ditinggalkan dikarenakan  banyaknya sumber lain untuk memperoleh  informasi tersebut misalnya melalui media televisi. Selain itu, membaca merupakan kegiatan membosankan untuk sebagian orang. Padahal dengan membaca banyak manfaat yang kita peroleh. Hal ini saya rasakan lansung. Yuk kita simak tulisan saya tentang manfaat membaca.
Manfaat membaca :
Dari segi kesehatan :

  1. Membaca dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer atau kepikunan.
  2. Membaca dapat menstimulasi otak untuk terus bekerja secara aktif
  3. Membaca dapat mengurangi bahkan menghilangkan stres. 
  4. Membaca dapat meningkatkan konsentrasi
  5. Membaca dapat meningkatkan kualitas memori otak. Karena dengan membaca, otak akan merekam setiap yg dibaca sehingga akan memacu memori untuk menyimpan lebih banyak.
Dari segi sosial dan lainnya :
  1. Membaca dapat memperluas wawasan dan meningkat percaya diri. 
  2. Membaca dapat membuat seseorang mempunyai empati
  3. Membaca dapat membantu untuk berhubungan dengan dunia luar. Karena seseorang memiliki wawasan yang luas itu akan mempermudah seseorang untuk berkomunikasi dengan dunia luar.
  4. Membaca dapat menimbulkan kreatif, salah satunya ide untuk menulis.
Untuk belajar membiasakan membaca, berikut tips-tips nya:
  1. Pilihlah tempat dan Susana senyaman mungkin untuk mulai membaca
  2. Luangkan waktu untuk membaca agar konsentrasi
  3. Pilihlah buku yang tepat. Tips memilih buku untuk dibaca :
  • Pilihlah buku yang disukai. Mulailah dengan memilih buku yang anda sukai.  Misalnya buku cerita atau buku bergambar ini akan membuat ketertarikan awal untuk mulai membaca karena bacaan ini biasanya menyenangkan.
  • Pilihlah buku sesuai yang ada butuhkan. Jika yang anda butuhkan buku untuk memperluas wawasan pilihlah buku yang isinya dapat memperluas wawasan anda misalnya buku tentang kebudayaan.
  • Pilihlah buku sesuai Susana hati anda. Hal ini sering saya lakukan, misalnya saat saya sedang sedih maka saya akan membaca buku yang akan membuat saya kembali nyaman.
Ayo biasakan membaca. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html